CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Pemberian Pupuk ZA Pada Tanaman Kangkung - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Pemberian Pupuk ZA Pada Tanaman Kangkung

gambar orang lagi menyebar pupuk
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Ada banyak jenis pupuk untuk tanaman kangkung kamu, salah satunya ialah pupuk ZA. Apa itu? ZA merupakan jenis pupuk kimia buatan yang memiliki kandungan ammonium sulfat.

Pupuk satu ini memang dikhususkan untuk memberi sejumlah tambahan hara seperti Nitrogen dan Sulfur untuk tanaman budidaya. Pupuk ZA sendiri memiliki sifat higroskopis yaitu mampu menyerap molekul air dari lingkungannya baik itu melalui absorbsi atau adsorpsi.

Baca juga : Manfaat NPK Untuk Kangkung

Walau memiliki kandungan nitrogen lebih rendah dari urea yaitu sekitar 46% sedangkan nitrogen di pupuk Za hanya 20,8%. Namun pupuk urea sendiri hanya mengandung nitrogen, sedangkan ZA memiliki sejumlah unsur hara makro seperti belerang dan sulfur.

Manfaat Pupuk ZA Untuk Tanaman Kangkung

Nah, karena pada pupuk ZA memiliki beberapa kandungan yang cukup lengkap terutama unsur makro. 

Oleh sebab itu kamu bisa memberikan sejumlah kecil pupuk satu ini saat menanam kangkung skala kecil atau besar, karena memang memiliki sejumlah manfaat lebih.

Salah satu manfaatnya ialah antara lain :

1. Meningkatkan pertumbuhan

Pupuk ZA dapat kamu jadikan booster untuk meningkatkan mutu dari kualitas kangkung kamu. Hal ini dikarenakan kemampuan pupuk yang mudah diserap tanaman sehingga dapat berefek dengan cepat.

Terlebih lagi pupuk ZA bersifat higroskopis sehingga mampu menyerap sejumlah air yang berguna bagi tanaman.

2. Menghijaukan daun dan batang

Buat tumbuhan hijau seperti kangkung, pupuk satu ini bisa dijadikan adalan dalam meningkatkan warna hijau pada daun dan batang.

Sehingga hasil panen yang kamu dapatkan akan menjadi lebih baik karena tanaman tak tampak seperti diserang penyakit atau hama.

3. Menyuburkan tanah

Seperti yang telah di sebutkan tadi, pupuk za bersifat higroskopis yang mana mampu menyerap sejumlah air di sekitarnya. 

Tentunya ini akan bermanfaat bagi tanaman untuk menyerap sejumlah nutrisi pada tanah dan pada akhirnya pertumbuhan menjadi lebih baik.

4. Sumber nutrisi tambahan

Walau pada dasarnya sumber nutrisi tumbuhan bisa didapatkan dari dalam tanah, namun untuk beberapa kondisi tumbuhan tersebut bisa mengalami kekurangan beberapa unsur senyawa penting.

Oleh sebab itu kamu mungkin bisa memberikan sejumlah pupuk ZA untuk memberikan kelengkapan nutrisi dari tanaman kangkung yang kamu pelihara.

5. Mencegah serangan penyakit

Kangkung yang subur sudah pasit nutrisinya tercukupi, jika sudah begitu tentu akan tampak lebih sehat, kuat serta tahan terhadap beberapa serangan penyakit

Salah satu contohnya ialah terhindar dari pembusukan batang dan akar, daun yang menguning, serangan jamur serta lain sebagainya.

Berapa dosis pemberian pupuk ZA?

Hasil dari pengkajian dan penelitian menunjukkan bahwa dosis dari pemberian pupuk ZA yang dianjurkan ialah sekitar 100-200 kg untuk setiap per hektar.

Namun jika tanaman kangkung yang kamu punya hanya beberapa atau sejumlah kecil, maka kamu bisa memberikan ZA kira kira sebanyak 1 sendok makan setiap 2 atau 3 minggu sekali.

Kapan pupuk ZA boleh diberikan?

Kamu bisa memberikan ZA pada tanaman kangkung saat mulai memasuki masa tanam atau sesudah tumbuh daun sejati.

Nah, itulah beberapa manfaat pupuk ZA untuk tanaman kangkung

Pada dasarnya ZA merupakan salah satu jenis pupuk yang memang baik untuk tanaman. Namun apabila kesuburan dan tingkat nutrisi dari kangkung sudah baik, maka akan lebih bagus untuk tidak diberikan lagi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar pertanian.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel